Kata kunci untuk mengerjakan soal cerita menggunakan FPB adalah kata “sama banyak”
Contoh 1
Ibu Guru akan membagikan bantuan berupa alat tulis kepada para murid yang kurang mampu. Alat tulis yang dibagikan terdiri dari 42 pensil, 36 buku tulis, 18 penghapus, dan 12 penggaris. Tiap murid akan menerima pensil, buku tulis, penghapus, dan penggaris sama banyak.
a. Berapa paling banyak murid yang menerima alat tulis tersebut?
b. Berapa jumlah pensil, buku tulis, penghapus, dan penggaris yang diterima setiap murid?
Penyelesaian (a)
Soal ini kita selesaikan dengan cara mencari FPB dari 42, 36, 18, dan 12
Faktorisasi prima dari 42 adalah \(\color{red}2 \color{black}\times \color{red} 3 \color{black} \times 7\)
Faktorisasi prima dari 36 adalah \(2^2 \times 3^2\)
Faktorisasi prima dari 18 adalah \(\color{red}2 \color{black}\times 3^2\)
Faktorisasi prima dari 12 adalah \(2^2 \times \color{red}3\)
FPB dari 42, 36, 18, dan 12 adalah: \(\color{red}2 \times 3 = 6 \text{ anak}\)
Jadi ada 6 murid yang menerima bantuan alat tulis dari Ibu Guru
Penyelesaian (b)
Jumlah pensil yang diterima setiap murid = \(42 \div 6 = 7 \text{ buah}\)
Jumlah buku tulis yang diterima setiap murid = \(36 \div 6 = 6 \text{ buah}\)
Jumlah penghapus yang diterima setiap murid = \(12 \div 6 = 2 \text{ buah}\)
Jumlah penggaris yang diterima setiap murid = \(18 \div 6 = 3 \text{ buah}\)
Contoh 2
Pak Hadi selaku kepada desa, hendak membagikan bibit tanaman buah kepada para warganya yang memiliki lahan kosong. Bibit tanaman buah tersebut terdiri dari 200 tanaman mangga, 100 tanaman alpukat, dan 300 tanaman rambutan. Tiap warga akan menerima bibit tanaman mangga, alpukat, dan rambutan sama banyak.
a. Berapa paling banyak warga yang menerima bibit tanaman buah?
b. Berapa jumlah bibit tanaman mangga, alpukat, dan rambutan yang diterima setiap warga?
Penyelesaian (a)
Soal ini kita selesaikan dengan cara mencari FPB dari 200, 100, dan 300
Faktorisasi prima dari 200 adalah \(2^3 \times \color{red}5^2\)
Faktorisasi prima dari 100 adalah \(\color{red}2^2\color{black}\times \color{red}5^2\)
Faktorisasi prima dari 300 adalah \(\color{red}2^2\color{black} \times 3 \times \color{red}5^2\)
FPB dari 200, 100, dan 300 adalah: \(\color{red} 2^2 \times 5^2 = 100\)
Jadi ada 100 warga yang menerima bibit tanaman buah dari Pak Hadi
Penyelesaian (b)
Jumlah bibit tanaman mangga yang diterima setiap warga = \(200 \div 100 = 2 \text{ bibit}\)
Jumlah bibit tanaman alpukat yang diterima setiap warga = \(100 \div 100 = 1 \text{ bibit}\)
Jumlah bibit tanaman rambutan yang diterima setiap warga = \(300 \div 100 = 3 \text{ bibit}\)
Contoh 3
Ibu memiliki 8 roti rasa cokelat dan 12 roti rasa keju. Roti tersebut akan ditaruh di piring. Setiap piring berisi roti rasa cokelat dan roti rasa keju sama banyak. Berapa banyak piring yang ibu butuhkan?
Soal cerita ini dapat diselesaikan menggunakan FPB, karena terdapat kata kunci “sama banyak”
Menentukan FPB dari 8 dan 12
Faktorisasi prima dari 8 adalah \(2^3\)
Faktorisasi prima dari 12 adalah \(\color{red}{2^2} \color{black}\times 3\)
FPB dari 8 dan 12 adalah: \(\color{red} 2^2 = 4\)
Jadi, banyaknya piring yang ibu butuhkan adalah 4 piring
Contoh 4
Ibu guru memiliki 55 lembar kertas origami. 25 diantaranya berwarna merah dan sisanya berwarna biru. Ibu guru kemudian membagikan kertas origami tersebut kepada sejumlah siswa. Setiap siswa akan mendapatkan kertas origami dengan warna meran dan biru sama banyak.
(a) Berapa banyak siswa yang mendapatkan kertas origami?
(b) Berapa jumlah kertas origami berwarna merah yang didapatkan setiap siswa?
(c) Berapa jumlah kertas origami berwarna biru yang didapatkan setiap siswa?
Soal cerita ini dapat diselesaikan menggunakan FPB, karena terdapat kata kunci “sama banyak”
Dari 55 lembar kertas origami, 25 berwarna merah dan 30 berwarna biru
Penyelesaian (a)
Menentukan FPB dari 25 dan 30
Faktorisasi prima dari 25 adalah \(5^2\)
Faktorisasi prima dari 30 adalah \(2\times 3 \times \color{red}{5}\)
FPB dari 25 dan 30 adalah: \(\color{red} 5\)
Jadi banyaknya siswa yang mendapat kertas origami adalah 5 siswa
Penyelesaian (b)
Kertas origami berwarna merah yang didapatkan setiap siswa adalah 25 ÷ 5 = 5 lembar
Penyelesaian (c)
Kertas origami berwarna biru yang didapatkan setiap siswa adalah 30 ÷ 5 = 6 lembar