Soal 1
Pecahan senilai dari \(\dfrac{3}{5}\) adalah…
A. \(\dfrac{9}{12}\)
B. \(\dfrac{9}{13}\)
C. \(\dfrac{10}{15}\)
D. \(\dfrac{12}{20}\)
Jawaban: D
\(\dfrac{3 \times \color{red} 4}{5 \times \color{red} 4} = \dfrac{12}{20}\)
Soal 2
Pecahan sederhana dari \(\dfrac{12}{27}\) adalah…
A. \(\dfrac{9}{14}\)
B. \(\dfrac{5}{6}\)
C. \(\dfrac{4}{9}\)
D. \(\dfrac{3}{5}\)
Jawaban: C
\(\dfrac{12 \div \color{red} 3}{27 \div \color{red} 3} = \dfrac{4}{9}\)
Soal 3
Hasil dari \(1,5 – 0,25\) adalah \(p\). Nilai \(p\) adalah…
A. \(1,25\)
B. \(1,50\)
C. \(1,75\)
D. \(2,00\)
Jawaban: A
\begin{equation*}
\begin{split}
1&,50\\\\
0&,25\\
—&— \:\:\:\color{blue}(-)\\
1&, 25
\end{split}
\end{equation*}
Soal 4
Perhatikan pecahan berikut:
$$ \bbox[yellow, 5px, border: 2px solid red]{2\dfrac{3}{4}\:\dotso\: 2,5}$$
Tanda yang tepat untuk membandingkan kedua pecahan di atas adalah…
A. \(>\)
B. \(<\)
C. \(=\)
D. \(\geq\)
Jawaban: A
\(2\dfrac{3}{4} = 2 + \dfrac{3}{4} = 2 + 0,75 = 2,75\)
\(2,75 > 2,50\)
Soal 5
Hasil dari \(\dfrac{3}{5} + \dfrac{1}{2} – \dfrac{3}{4}\) adalah…
A. \(\dfrac{6}{19}\)
B. \(\dfrac{7}{20}\)
C. \(\dfrac{8}{21}\)
D. \(\dfrac{9}{22}\)
Jawaban: B
Samakan penyebut pecahan terlebih dahulu, dengan mencari nilai KPK dari 5, 2, dan 4.
KPK dari 5, 2, dan 2² adalah 2² × 5 = 20
\(\dfrac{3}{5} + \dfrac{1}{2} – \dfrac{3}{4}\)
\(= \dfrac{12}{20} + \dfrac{10}{20} – \dfrac{15}{20}\)
\(= \dfrac{12 + 10 – 15}{20}\)
\(=\dfrac{7}{20}\)
Soal 6
Jika \(0,35 + 45 \% = x\), maka nilai \(x\) adalah…
A. \(0,80\)
B. \(0,85\)
C. \(0,90\)
D. \(0,95\)
Jawaban: A
\(45 \% = \dfrac{45}{100} = 0,45\)
\begin{equation*}
\begin{split}
0&,35\\\\
0&,45\\
—–&—– \:\:\:\color{blue}(+)\\
0&, 80
\end{split}
\end{equation*}
Soal 7
Hasil perhitungan dari \(1\dfrac{1}{8} + 0,175\) adalah…
A. \(1,3\)
B. \(1,4\)
C. \(1,5\)
D. \(1,6\)
Jawaban: A
Untuk diingat kembali pecahan desimal yang sering muncul, jika teman-teman bisa hafal maka bisa lebih cepat menyelesaikan soal
- \(\color{purple}\frac{1}{16} = 0,0625\)
- \(\color{purple}\frac{1}{8} = 0,125\)
- \(\color{purple}\frac{1}{5} = 0,2\)
- \(\color{purple}\frac{1}{4} = 0,25\)
- \(\color{purple}\frac{1}{2} = 0,5\)
- \(\color{purple}\frac{3}{4} = 0,75\)
\(1\dfrac{1}{8} = 1 + \dfrac{1}{8} = 1 + 0,125 = 1, 125\)
\begin{equation*}
\begin{split}
1&,125\\\\
0&,175\\
—–&—– \:\:\:\color{blue}(+)\\
1&, 300
\end{split}
\end{equation*}
Soal 8
Urutkan pecahan berikut dari yang terbesar sampai terkecil
$$ \bbox[yellow, 5px, border: 2px solid red]{\dfrac{3}{4};\:\:\: 0,6;\:\:\: 70\%;\:\:\:1\dfrac{1}{4}}$$
A. \(1\dfrac{1}{4};\:\:\: 0,6;\:\:\: 70\%;\:\:\:\dfrac{3}{4}\)
B. \(1\dfrac{1}{4};\:\:\: \dfrac{3}{4};\:\:\: 70\%;\:\:\:0,6\)
C. \(0,6;\:\:\: 70\%;\:\:\: \dfrac{3}{4};\:\:\:1\dfrac{1}{4}\)
D. \(0,6;\:\:\: \dfrac{3}{4};\:\:\: 70\%;\:\:\:1\dfrac{1}{4}\)
Jawaban: B
Ubah dalam bentuk pecahan desimal:
\(1\dfrac{1}{4} = 1 + \dfrac{1}{4} = 1 + 0,25 = 1,25\:\:\:\:\:\color{blue}\text{terbesar}\)
\(0,6 = 0,6\:\:\:\:\:\color{blue}\text{terkecil}\)
\(70\% = \dfrac{70}{100} = 0,70\)
\(\dfrac{3}{4} = 0,75\)
Jadi, urutan pecahan dari yang terbesar sampai terkecil adalah:
\(1\dfrac{1}{4};\:\:\: \dfrac{3}{4};\:\:\: 70\%;\:\:\:0,6\)
Soal 9
Urutkan pecahan berikut dari yang terkecil sampai terbesar:
$$ \bbox[yellow, 5px, border: 2px solid red]{2\dfrac{3}{4};\:\:\: 2,20;\:\:\: 225\%;\:\:\:\dfrac{33}{16}}$$
A. \(\dfrac{33}{16};\:\:\: 2,20;\:\:\: 225\%;\:\:\:2\dfrac{3}{4}\)
B. \(\dfrac{33}{16};\:\:\:225\%;\:\:\: 2,20;\:\:\:2\dfrac{3}{4}\)
C. \(225\%;\:\:\: 2,20;\:\:\: 2\dfrac{3}{4};\:\:\:\dfrac{33}{16}\)
D. \(2\dfrac{3}{4};\:\:\: \dfrac{33}{16};\:\:\: 225\%;\:\:\:2,20\)
Jawaban: A
Ubah dalam bentuk pecahan desimal:
\(2\dfrac{3}{4} = 2 + \dfrac{3}{4} = 2 + 0,75 = 2,75\)
\(\color{blue}\text{terbesar}\)
\(2,20 = 2,20\)
\(225\% = \dfrac{225}{100} = 2,25\)
\(\dfrac{33}{16} = 2\dfrac{1}{16} = 2 + \dfrac{1}{16} = 2 + 0,0625 = 2,0625\)
\(\color{blue}\text{terkecil}\)
Jadi, urutan pecahan dari yang terkecil sampai terbesar adalah:
\(\dfrac{33}{16};\:\:\: 2,20;\:\:\: 225\%;\:\:\:2\dfrac{3}{4}\)
Soal 10
Pecahan yang tidak senilai dengan \(60\%\) adalah…
A. \(\dfrac{60}{100}\)
B. \(\dfrac{30}{75}\)
C. \(\dfrac{3}{5}\)
D. \(0,6\)
Jawaban: B
\(60\% = \frac{60}{100} = 0,6\)
\(\frac{60\div \color{red}20}{100 \div \color{red}20} = \frac{3}{5}\)
Jadi, \(\frac{60}{100}\); \(\frac{3}{5}\); dan \(0,6\) adalah pecahan yang senilai dengan \(60\%\), sedangkan yang tidak senilai adalah \(\frac{30}{75}\)
Soal 11
Ibu memiliki persediaan tepung terigu sebanyak \(2\dfrac{1}{4}\) kg. Ibu menggunakan \(\dfrac{3}{4}\) kg tepung terigu untuk membuat pisang goreng kesukaanku. Sisa tepung terigu ibu sekarang adalah…
A. \(\dfrac{5}{2}\text{ kg}\)
B. \(\dfrac{4}{3}\text{ kg}\)
C. \(\dfrac{3}{2}\text{ kg}\)
D. \(\dfrac{3}{4}\text{ kg}\)
Jawaban: C
\(\text{Sisa tepung terigu} = 2\dfrac{1}{4} – \dfrac{3}{4}\)
\(\text{Sisa tepung terigu} = \dfrac{9}{4} – \dfrac{3}{4} = \dfrac{6\div \color{red} 2}{4\div \color{red} 2} = \dfrac{3}{2}\text{ kg}\)
Soal 12
Galvin memiliki pizza keju berukuran jumbo. Dia memberikan \(\dfrac{1}{5}\) bagian pizza kepada Filan, dan memberikan \(\dfrac{1}{4}\) bagian pizza kepada Daniel. Galvin kemudian memakan sisa pizzanya. Berapa bagian pizza yang dimakan Galvin?
A. \(\dfrac{1}{20}\)
B. \(\dfrac{7}{20}\)
C. \(\dfrac{10}{20}\)
D. \(\dfrac{11}{20}\)
Jawaban: D
Misalkan pizza yang masih utuh adalah 1 bagian,
\(\text{Sisa pizza} = 1 – \dfrac{1}{5} – \dfrac{1}{4}\:\:\:\:\:\color{blue}\text{samakan penyebut}\)
\(\text{Sisa pizza} = \dfrac{20}{20} – \dfrac{4}{20} – \dfrac{5}{20} = \dfrac{11}{20}\text{ bagian}\)
Jadi, Galvin memakan \(\dfrac{11}{20}\text{ bagian pizza}\)